Cara Menulis Arab di Microsoft Word

Cara Menulis Arab di Microsoft Word

Cara Menulis Arab Di Microsoft Word – Pendidikan adalah hak dan kewajiban bagi seluruh manusia, terutama di Indonesia. Anak – anak diwajibkan menempuh jalur pendidikan resmi selama 12 tahun sebagai bekal untuk masa depan anak tersebut.

Terdapat banyak sekali mata pejalaran yang bisa dipelajari di sekolah, mulai dari Matematika, IPA, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, Ilmu Agama, serta Bahasa. Di sekolah, setiap mata pelajaran biasanya diajarkan oleh guru yang berbeda – beda, namun ada juga beberapa guru yang merangkap menjadi guru beberapa mata kuliah karena keadaan.

Bagi Guru, menyiapkan suatu bahan ajar bukanlah suatu hal yang sederhana. Seorang guru harus mempelajari dan menguasai materi pelajaran tersebut lalu mengajarkannya kepada murid – murid di kelas.

Dengan begitu, materi yang disampaikan akan dicerna dengan baik oleh murid yang mengikuti kelas tersebut. Sama halnya dengan guru, murid pun juga harus memperhatikan dengan baik dan mengulangi pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru di rumah masing – masing.

Salah satu mata pelajaran yang harus banyak dipelajari ulang di rumah adalah Bahasa Arab. Pelajaran ini mengharuskan para siswa untuk bisa membaca aksara atau huruf Arab yang bernama Huruf Hijaiyah.

Pada era digital seperti sekarang, menulis huruf Hijaiyah di komputer atau laptop adalah keharusan bagi seorang murid terlebih lagi bagi seorang guru. Kegiatan belajar – mengaja via kelas online pastinya membutuhkan materi tertulis untuk ditampilkan pada Google Meet atau Zoom.

Bagaimana mengetik huruf Hijaiyah pada komputer, khususnya pada Microsoft Word? Simak ulasan berikut.

Huruf Arab Atau Huruf Hijaiyah

Bahasa Arab merupakan bahasa yang berasal dari negara Arab Saudi dan memiliki berbagai jenis bahasa seperti bahasa suku di Indonesia. Negara sekitar Arab atau yang disebut dengan Liga Negara – Negara Arab atau Negara Arab juga menggunakan bahasa Arab. Bahasa utama dari Liga Arab saat ini adalah Bahasa Arab dan mereka menggunakan huruf yang bernama Huruf Hijaiyah.

Negara Arab menggunakan huruf yang berbeda dari huruf latin yang digunakan secara internasional seperti di Indonesia. Arab menggunakan suatu struktur huruf bernama Huruf Hijaiyah yang berisi 29 huruf, yaitu:

  1. ا = Alif
  2. ب = Bâ
  3. ت = Tâ
  4. ث = Tsâ
  5. ج = Jîm
  6. ح = Hâ
  7. خ = Khô
  8. د = Dâl
  9. ذ = Dzâl
  10. ر = Rô
  11. ز = Zâ
  12. س = Sîn
  13. ش = Syîn
  14. ص = Shôd
  15. ض = Dhôd
    16. ط = Thô
  16. ظ = Zhô
  17. ع = `Aîn
  18. غ = Ghoîn
  19. ف = Fâ
  20. ق = Qôf
  21. ك = Kâf
  22. ل = Lâm
  23. م = Mîm
  24. ن = Nûn
  25. و = Wâw
  26. هـ = Hâ
  27. ء = Hamzah
  28. ي = Yâ

Huruf Hijaiyah seperti ini sangat berbeda dengan huruf Latin yang berada pada komputer. Keyboard yang biasa kita gunakan pun menggunakan huruf Latin sebagai patokan tombolnya. Huruf – huruf Hijaiyah seperti di atas bisa kita gunakan dengan menyalinnya dan memindahkannya ke dalam dokumen yang sedang kita kerjakan.

Namun, untuk menulis beberapa buah kalimat, cara tersebut pasti membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga cara tersebut tidak efisien. Bagaimana jika kita ingin langsung mengetik huruf Hijaiyah dengan menggunakan keyboard biasa pada Miscrosoft Word? Simak cara – cara di bawah ini.

Cara Menulis Arab di MS Word (Microsoft Word) di Windows 7,8,10 dan 11

Cara Menulis Arab di MS Word (Microsoft Word) di Windows 7,8,10 dan 11

Huruf Hijaiyah tidak secara default tersedia pada keyboard huruf Latin biasa. Huruf Hijaiyah tentu saja tidak serta merta dapat kita gunakan pada Microsoft Word atau aplikasi lainnya. Dengan menggunakan Windows 10 sebagai contoh, kita harus melakukan beberapa hal sebelum dapat menggunakan Huruf Hijaiyah ini,

Cara menulis Arab di MS Word (Microsoft Word adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan Windows

  • Klik logo Start pada pojok kiri bawah layar atau tekan tombol Windows pada keyboard
  • Pada bagian pojok kiri bawah, klik “Settings” yang memiliki icon roda gerigi
  • Klik “Time & Language
  • Di bagian menu sebelah kiri, klik “Language
  • Pada bagian menu “Preferred Language”, klik icon plus (+) bertuliskan “Add a language
  • Akan muncul jendela kecil, ketik “Arabic Saudi Arabia” pada kolom pencarian
  • Klik hasil pencarian yang berhuruf Hijaiyah dan memiliki deskripsi “Arabic (Saudi Arabia)”
  • Klik “Next” di bagian bawah jendela tersebut
  • Beri centang pada setiap bagian kecuali “Set as my Windows display language” karena pilihan ini akan membuat komputer atau laptop kalian menjadi bahasa Arab seluruhnya dan akan membingungkan.
  • Klik “Install” di bagian bawah layar untuk menjalankan instalasi bahasa baru
  • Tunggu sampai selesai download

Bahasa yang sudah didownload dan tersedia pada komputer atau laptop akan tampil pada bagian “Preferred Language”. Jika kalian menemukan kesulitan karena menu pada “Settings” sedikit berbeda, kalian bisa menyesuaikannya dengan mencari pengaturan yang namanya mirip.

Pada beberapa versi Windows 10, setelah memilih “Time & Language”, pengaturan untuk bahasa digabung dengan pengaturan region menjadi “Region & language”, selebihnya tidak jauh berbeda.

Kalian bisa langsung mengakses pengaturan bahasa dengan cara menekan tombol Windows lalu ketik “Language” dan pilih hasil pencarian paling atas. Kalian akan langsung masuk ke menu Language dan bisa langsung memilih “Add a language”.

2. Buka On – Screen Keyboard

  • Klik logo Start pada pojok kiri bawah layar atau dengan menekan tombol Windows pada keyboard
  • Ketik “On screen keyboard” lalu klik hasil pencarian paling atas
  • Akan muncul suatu keyboard virtual yang bisa kalian gunakan untuk mengetik huruf Hijaiyah
  • Pada pojok kanan bawah layar, klik tulisan “ENG” lalu pilih “Arabic
  • Keyboard virtual yang tadinya memiliki huruf Latin akan berubah ke huruf Hijaiyah

Keyboard virtual ini berguna untuk mengetik menggunakan huruf Hijaiyah karena penempatan huruf Hijaiyah berbeda dari huruf Latin pada keyboard. Jika kalian menggunakan keyboard biasa untuk mengetik huruf Hijaiyah, kalian akan kebingungan dengan letak huruf dan simbol yang ingin kalian pakai.

3. Pengaturan Microsoft Word

  • Buka Microsoft Word
  • Buat dokumen baru dengan template “Blank document”
  • Pada tab Home di bagian Paragraph, aktifkan “Right to Left Text Direction” agar sesuai dengan format penulisan huruf Hijaiyah

Sampai sini, kalian sudah bisa mengetik menggunakan huruf Hijaiyah menggunakan On Screen Keyboard atau Keyboard Virtual. Namun, huruf Hijaiyah yang ditampilkan masih dalam bentuk tanpa harokat atau disebut dengan istilah “Arab Gundul”. Untuk menambahkan harokat, ikuti langkah selanjutnya.

4. Menambahkan Harokat

  • Ketikkan kata atau kalimat yang kalian inginkan
  • Tekan tombol Shift pada keyboard kalian, lalu lihat pada Virtual Keyboard, kalian akan menemukan beberapa harokat yang bisa kalian tambahkan pada setiap huruf yang kalian ketik.
  • Lokasi dari harokat tersebut adalah:
  • Tombol Shift + huruf Q = Fathah (a)
  • Tombol Shift + huruf A = Kasrah (i)
  • Tombol Shift + huruf E = Dhammah (u)
  • Tombol Shift + huruf W = Fathah Tanwin (an)
  • Tombol Shift + huruf S = Kasrah Tanwin (in)
  • Tombol Shift + huruf R = Dhammah Tanwin (un)
  • Tombol Shift + huruf X = Sukun atau huruf mati
  • Tombol Shift + logo ~ = Tasydid atau penekanan huruf

Tambahan Tulisan Huruf Hijaiyah

Jika kalian ingin mengetik dengan menggunakan keyboard biasa tanpa harus terganggu dengan tampilan Keyboard Virtual yang seringkali menghalangi tampilan Microsoft Word, kalian bisa mencetak huruf – huruf Hijaiyah dengan printer lalu menempelkannya pada keyboard kalian menggunakan selotip. Letak huruf Hijaiyah adalah:

Alif ( ا ) = H

Ba ( ب ) = F

Ta ( ت ) = J

Tsa ( ث ) = E

Jim ( ج ) = [

Kha ( ح ) = P

Kho ( خ ) = O

Dal ( د ) = ]

Dzal ( ذ ) = ` / ~ (Di samping angka 1)

Ra ( ر ) = V

Za ( ز ) = . (Tanda titik)

Sin ( س ) = S

Syin ( ش ) = A

Shod ( ص ) = W

Dhod ( ض ) = Q

Tho ( ط ) = ‘ (Tanda petik satu di samping tombol Enter)

Dhlo ( ظ ) = / (Di samping tombol Shift kanan)

‘Ain ( ع ) = U

Ghoin ( غ ) = Y

Fa ( ف ) = T

Qof ( ق ) = R

Kaf ( ك ) = ; (Tanda titik koma)

Lam ( ل ) = G

Mim ( م ) = L

Nun ( ن ) = K

Wawu ( و ) = , (Tanda koma)

Ha ( ه ) = I

Hamzah ( ء ) = X

Ya (Dua titik) ( ي ) = D

Ya (Tanpa dua titik) ( ى ) = N

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara menulis huruf Arab (huruf Hijaiyah) pada Microsoft Word. Kalian bisa mengetik menggunakan huruf Hijaiyah ini pada aplikasi lainnya juga seperti browser Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain – lain.

Kalian juga bisa menggunakannya untuk mengetik pada media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain – lain. Semoga artikel www.dpmptsptarakan.id ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Mulyani