0822 Kartu Apa

0822 Kartu Apa

0822 Kartu Apa – Setiap ponsel membutuhkan kartu perdana sebagai identitas pada perangkat. Kartu perdana adalah sebuah produk dari perusahaan operator jaringan seluler berupa kartu kecil yang dipasang pada ponsel dan berisi layanan operator jaringan seluler.

Layanan operator jaringan seluler berupa telepon, sms, hingga koneksi internet. Dengan memasang kartu perdana pada ponsel, pengguna dapat terhubung pada layanan jaringan yang disediakan oleh operator. Kartu ini berfungsi seperti tiket untuk masuk ke dalam suatu jaringan tertentu.

Kartu perdana tidak hanya menyediakan layanan operator saja, namun dapat menyimpan data – data kecil yang penting seperti nomor telepon, kuota data internet, jenis jaringan seluler, IMEI,  dan lain – lain.

Berdasarkan kecepatannya, terdapat beberapa macam jenis jaringan yakni EDGE, GPRS, 3G, HSPA/HSDPA, 4G, dan 5G. Untuk saat ini pengguna di Indonesia rata –rata menggunakan jaringan 3G atau 4G. Untuk jaringan 5G masih dalam masa tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan dirilis secara komersil.

Jaringan 5G merupakan jaringan generasi kelima dari standar telekomunikasi seluler dan telah melebihi standar 4G. Saat ini hanya tiga operator jaringan seluler di Indonesia yang telah memenuhi syarat dan lolos seleksi dalam penggunaan jaringan 5G.

Operator tersebut adalah Operator Telkomsel, 3 (Three), dan Smartfren. Namun penggunaan jaringan 5G masih belum diterapkan di Indonesia karena penggunaan 4G saja masih belum merata di Indonesia. Kita akan membahas tentang beberapa operator selular di Indonesia. Simak ulasan berikut.

Operator Seluler di Indonesia

Operator jaringan seluler merupakan sebuah perusahaan operator yang bergerak di bidang telekomunikasi yang menyediakan layanan jaringan seluler kepada pengguna. Jumlah operator seluler di Indonesia saat ini ada lima, yakni Telkomsel, XL, Three, Smartfren, dan Indosat Ooredoo.

Baca juga: Fungsi Kuota Multimedia Telkomsel

Setiap operator menyediakan layanan jaringan berupa penggilan telepon, sms, hingga koneksi internet. Selain itu, setiap operator jaringan seluler di Indonesia saat ini sudah memiliki beberapa layanan produk yang dapat digunakan sesuai dengan keinginan pengguna. Berikut merupakan ringkasan dari profile perusahaan operator di Indonesia:

XL Axiata (PT XL Axiata Tbk)

XL Axiata merupakan salah satu operator jaringan seluler di Indonesia yang didirikan pada tahun 1989 dengan nama perusahaan PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL). Saat ini XL Axiata telah mengubah nama perusahaannya menjadi PT XL Axiata Tbk (EXCL).

XL Axiata memiliki beberapa produk yakni XL Prabayar, XL Prioritas Pascabayar, Live On, dan AXIS. AXIS sebelumnya merupakan produk dari perusahaan operator lain. Namun, saat ini AXIS telah diakuisisi oleh XL Axiata sehingga telah menjadi bagian dari perusahaan XL Axiata.

Telkomsel (PT Telekomunikasi Selular)

Telkomsel merupakan salah satu operator jaringan seluler di Indonesia yang didirikan pada tahun 1995 dengan nama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Saat ini Telkomsel memiliki beberapa produk yakni Telkomsel LOOP, simPATI, kartu As, Telkomsel Flash, kartuHalo, Flexi, Kartu Facebook, by.U, kartuHalo, dan kartu As Flexi.

Three (PT Hutchison 3 Indonesia)

3 (Three) merupakan salah satu operator jaringan seluler di Indonesia yang didirikan pada tahun 2002 dengan menggunakan nama Huchison Whampoa. Saat ini Three telah mengubah nama perusahaaannya menjadi PT Hutchison 3 Indonesia. Jaringan Three saat ini tersedia di beberapa negara yakni Hongkong, Denmark, Austria, Irlandia, Italia, Swedia, Australia, Britania Raya (Inggris), dan Indonesia.

Indosat Ooredoo (PT Indosat Tbk)

Indosat Ooredo merupakan salah satu perusahaan operator jaringan seluler di Indonesia yang didirikan pada tahun 1996 dengan menggunakan nama Indosat. Saat ini Indosat Ooredoo telah mengubah nama perusahaannya menjadi PT Indosat Tbk (ISAT).

PT Indosat Tbk memiliki anak perusahaan yakni perusahaan Lintasarta dan perusahaan IndosatM2. Hingga saat ini Indosat Ooredoo telah memiliki beberapa produk yakni IM3 Ooredoo, Mentari Ooredoo (melebur dengan IM3 Ooredoo), Matrix Ooredoo (melebur dengan IM3 Ooredoo Freedom Postpaid), dan GIG.

Smartfren (PT Smartfren Telecom Tbk)

Smartfren merupakan salah satu perusahaan operator jaringan seluler di Indonesia yang didirikan pada tahun 2002 dengan menggunakan nama perusahaan PT Mobile-8 Telecom Tbk. Saat ini Smartfren sudah mengubah nama perusahaannya menjadi PT Smartfren Telecom Tbk (FREN).

Namun Smartfren sudah tidak menggunakan nama FREN dan beralih menggunakan nama Smartfren saja. Smartfren merupakan perusahaan operator jaringan seluler yang berbasis teknologi generasi 4 yakni 4G LTE Advanced. 4G LTE Advanced merupakan jaringan lanjutan dari 4G.

Smartfren telah mengeluarkan beberapa produk dan terdiri dari beberapa bagian yakni Kartu Perdana, Voucher, Modem Wi-fi, Router WiBox, Paket Prabayar atau Pascabayar Internet, Paket Prabayar atau Pascabayar Bicara, Layanan Internasional, eSIM, dan PowerUp.

Nomor Prefix 0822 Kartu Apa

Nomor Prefix 0822 Kartu Apa

Nomor prefix merupakan kombinasi beberapa angka dan terletak di awal nomor telepon yang berfungsi sebagai identitas dari perusahaan operator jaringan seluler. Setiap operator jaringan seluler memiliki nomor prefix tersendiri yang digunakan sebagai identitas.

Nomor prefix sangatlah penting bagi pengguna ponsel. Dengan mengetahui nomor prefix, pengguna dapat memperkirakan biaya panggilan telepon atau sms yang akan digunakan.

Nomor prefix terdiri dari kombinasi 4 angka dan terletak di awal nomor. Contohnya 0897 – 8955 – 0555. Nomor prefix dari nomot tersebut adalah 0897. 0897 merupakan contoh nomor prefix dari operator Three.

Dengan begitu, ketika akan menghubungi nomor tersebut pengguna dapat menggunakan nomor dari operator yang sama sehingga akan menghemat pengeluaran pulsa. Hal ini dikarenakan panggilan suara yang dilakukan oleh kartu dengan operator jaringan selular yang berbeda dikenakan biaya administrasi yang lebih mahal.

Kemudian, nomor ponsel dengan nomor prefix 0822 Kartu Apa merupakan nomor prefix dari perusahaan operator Telkomsel. Telkomsel tidak hanya menggunakan satu nomor prefix. Telkomsel menggunakan beberapa nomor prefix sebagai identitas operator. Saat ini Telkomsel menggunakan beberapa nomor prefix seperti 0812, 0813, 0821, 0822, 0823, 0852, dan 0853.

Baca juga: 0823 Kartu Apa

Penutup

Demikianlah penjelesanan mengenai nomor prefix 0822 Kartu Apa. Bagi kalian yang menggunakan kartu dengan nomor Prefix seperti ini, itu artinya kartu tersebut berasal dari operator jaringan selular Telkomsel.

Semoga setelah membaca artikel www.dpmptsptarakan.id ini, setiap pengguna ponsel dapat terbantu dalam memahami nomor – nomor prefix serta operator yang ada di Indonesia. Selamat membaca!

You May Also Like

About the Author: Mulyani